Landasa Dalam beragama Islam yang harus engkau ketahui

Dua Landasan Agama Islam


إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ بلله من شرور أنفسنا ومن سيئات أعمالنا من يهدي الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له. أشهد أن لا إله إلا الله وأشهد أن محمد عبده ورسوله. وبعد:

 

Segala puji bagi Allah Rabb semesta Alam. Shalawat dan salam teruntuk baginda Rasulullah –shallahu alaihi wa sallam-, keluarga beliau, para sahabat beliau serta bagi mereka yang senantiasa berada di jalan yang lurus hingga hari kiamat.

Saudaraku yang dirahmati Allah –subhanahu wa ta’ala- sebelum kita memulai pembelajaran kita lebih dalam, alangkah baiknya kita mengetahui dua landasan beragama yang harus selalu dipegang, karena dengan dua landasan inilah kita akan selamat didunia dan diakhirat. Dua landasan yang disebutkan oleh Rasulullah –shallahu ‘alaihi wa sallam-, dua landasan yang jika dipegang erat maka tidak akan membuat pemegangnya tersesat selamanya.

Apa saja dua landasan tersebut?

Yaitu Al-Qur’an dan Sunnah Rasullah –shallallahu ‘alaihi wa sallam-. Sunnah yang dimaksud di sini bukan amalan Sunnah yang jika dikerjakan mendapatkan pahala dan jika ditinggalkan maka tidak berdosa. Sunnah yang dimaksudkan di sini adalah jalan yang ditempuh oleh Rasulullah –shallahu ‘alahi wa sallam-yaitu cara beragamanya Rasulullah –shallahu ‘alaihi wasallam.

Bagaimana cara agar kita paham dan mengerti cara beragamanya Rasulullah -shallahu ‘alaihi wasallam.?

Yaitu dengan mempelajari Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah -shallahu ‘alaihi wasallam- sesuai dengan pemahaman para sahabat beliau –radhiallahu’anhum- melalui para ulama yang berpegang teguh dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah -shallahu ‘alaihi wasallam- sesuai dengan pemahaman para sahabat, bukan dari orang-orang yang memiliki pemahaman yang menyimpang, bukan yang mengedepankan hawa nafsu mereka, dan bukan kepada yang tidak berilmu. Sebagaimana kalau kita ingin memperbaiki motor maka kita akan pergi ke bengkel bukan pergi ke service hp, begitu juga ketika kita ingin belajar agama maka belajarlah kepada yang paham agama. 

Allah berfirman:

فَسْـَٔلُوْٓا اَهْلَ الذِّكْرِ اِنْ كُنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

Maka tanyakanlah kepada orang yang berilmu, jika kamu tidak mengetahui. (QS. Al-Anbiya’ : 7)

No comments

Powered by Blogger.