Menjadikan Dzikir Pagi dan Petang sebagai Penambah Keimanan

Betapa indahnya jika kita mulai hari-hari kita dengan berdzikir kepada Allah Ta’ala dan memulai malamnya dengan berdzikir kepada Alla Ta’ala. Indahnya menjadi bagian dari orang-orang yang selalu berdzikir kepada Allah Ta’ala yang memulai hari dan malamnya dengan berdzikir dengan dzikir pagi dan petang.


Orang yang berdzikir pagi dan petang tidak akan pernah rugi karena harinya akan senantiasa dalam lindungan Allah Ta’ala dan malamnya pun demikian. Bukan hanya itu saja yang akan didapatkan tapi berbagai pahala lainnya akan didapatkannya diantaranya Allah Ta’ala akan mencukupkan harinya dari segala apapun, akan dijaga dari segala macam bahaya, masuk surga jika meninggal disiang harinya atau dimalam harinya dan masih banyak lagi yang akan didapatkan dengan menjaga dzikir pagi dan petang.

Oleh karenanya bersemangatlah wahai saudaraku dalam menjaga dzikir pagi dan petang, janganlah meninggalkannya, jangan pula tergesa-gesa dalam mengamalkannya. Banyak kebaikan yang akan engkau dapatkan dengan menjaga dzikir pagi dan petang. Hadirkanlah hati ketika engkau berdzikir

Ibnul Qayyim berkata,

بأن السيف بضاربه، فمن قرأها بحضور وتأمل وتدبر لم يكن كمن لا يعلم ماذا قرأ منها وماذا ترك فأن السيف قد يكون حادا ولكن الضارب ضعبف فلا يقطع وقد يكون السيف غير حاد لكن الضارب قوي فيقطع وهكذا حضور القلب في قراءتها

Sesungguhnya pedang tergantung pada penggunanya, maka jika membacanya dengan menghadirkan hati, penuh perhatian dan tadabbur tidak akan menjadi seperti orang yang tidak mengetrahui apa yang ia baca dan apa yang tertinggal, sesungguhnya pedang bisa saja tajam akan tetapi penggunanya lemah sehingga tidak dapat menebas dan bisa saja pedang tersebut tidak tajam akan tetapi penggunanya kuat sehingga dapat menebas. Begitulah permisalah menghadirkan hati dalam bacaannya. (Arbauna majlisan fit tarbiyatil imaniyyah)

Oleh sebab itu hadirkanlah hati ketika membaca dzikir agar iman semakin bertambah dan ibadah kita semakin bermakna dan diterima oleh Allah Ta’ala dan mendapatkan segala manfaat yang terkandung didalamnya serta keutamaan-keutamaan yang ada di dalamnya.

Diantara bacaan-bacaan dzikir pagi dan petang adalah sebagai berikut:

1. Membaca Ayat Kursi

2. Dua ayat terakhir surat Al-Baqarah

3. Membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas sebanyak 3x

4.  Membaca Sayyidul Istighfar

Dan masih banyak lagi doa-doa yang lainnya yang semestinya kita senantiasa menjaganya disetiap pagi dan petang kita. Untuk selengkapnya silahkan baca Artikel dzikir pagi dan petang berikut ini:

 Baca: Dzikir Pagi dan Petang

Semoga bermanfaat dan semoga dapat diamalkan dalam keseharian kita.

العلم قبل القول والعمل

Berilmu sebelum berbicara dan beramal

 

Tangerang, 23 Ramadhan 1441 H

Aa Fahru Zaman


No comments

Powered by Blogger.